Latest News :

Pemahaman Lucid Dream

Posted by at Wednesday, May 30, 2012


Pertama-tama saya ingatkan bahwa Lucid Dream tidak bisa diraih dengan cara yang instan.
lucid dream adalah permainan pikiran, agar anda bisa mendapat lucid dream, pemahaman anda terhadap lucid dream harus benar. Untuk itu, saya persilahkan anda menyimak baik-baik tulisan di bawah ini, bukan membaca dengan skimming.
Jika anda membaca tulisan panjang ini saja malas, sebaiknya lupakan lucid dream.



Biasanya banyak orang yg salah paham bahwa lucid dream itu harus melalui tahapan-tahapan ketindihan,. pada kenyataannya engga gan. Ketindihan (SP) itu hanya salah satu efek dari salah satu teknik, yaitu WILD. Sedangkan untuk mendapat LD sendiri masih banyak teknik ya lain. Malah saya pribadi menyarankan untuk tidak melakukan teknik WILD dulu, sebab angka keberhasilannya kecil. untuk lebih jelasnya, coba perhatikan ini :



Memang, teknik KETINDIHAN, WILD, dan teknik lainnya yang pada intinya mencoba untuk mendapatkan LUCID DREAM melalui proses dari kesadaran yang terjaga hingga menuju ke alam mimpi, merupakan teknik yang memang sebaiknya tidak dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari tenik standar yang lebih ringan.



Untuk lebih gampanganya, bagi anda yang mau belajar LD, jangan terlalu terburu napsu gan, coba aja dulu baca pelan-pelan apa itu LD, terus bentuk latihan tersederhana apakah yang bisa dipelajari dengan mudah.



1. Menurut saya, kalo bener-bener nubie, coba dimulai dulu dari sering-sering baca tentang LD, trus latihan Reality Check, lalu sering mengisi jurnal mimpi, dan usahakan untuk selalu mencatat apapun mimpi agan, baik itu singkat maupun padat.



2. Jika langkah diatas dikira sudah mantap, biasanya akan terlihat pengaruhnya dalam mimpi anda, maskudnya anda akan sering mendapatkan mimpi, dan bahkan mimpi agan akan terasa jelas dan panjang, serta memiliki jalan cerita yang cukup linear. Jika sudah mantap, maka lakukan metode yang dijelaskan di Artikel Cara Menuju Lucid Dream, bisa WBTB + induksi musik mp3 + MILD dan cara lainnya yang menurut anda mudah.



3. Untuk level WILD ato SP atau teknik yang menuju ke alam mimpi dengan kesadaran tejaga, sebaiknya digunakan jika agan pernah mengalami LD minimal 1 kali, jadi biar anda bisa tahu, seperti apa "FEEL" nya LD itu, jadi waktu WILD dan lainnya jadi lebih mudah.



4. Pelajari waktu yg paling banyak REMnya
Apa sih REM itu ? REM itu fase dalam tidur dimana kita mengalami mimpi. REM itu terjadi pada interval naik turunnya aktivitas gelombang otak kita saat tidur



Yg dimaksud dengan Reality Check di sini itu berupa aktivitas meyakinkan diri bahwa apa yang kita alami itu sedang dalam keadaan mimpi atau tidak. salah satu prakteknya itu berupa:
1. Bertanya pada diri sendiri "ini mimpi bukan yah?", sambil melihat telapak tangan.
2. Pencet idung coba bernapas (di dalem mimpi, kita bisa bernapas tanpa melalui lubang idung n mulut gan)
3. Melihat jarum jam (di dalem mimpi jarum jam itu tidak berdetik)



Dan masih banyak lagi , tapi sepertinya yg paling kita perhatikan adalah yg pertama aja, soalnya itu yg paling simpel.
Lakukan reality check ini sesering mungkin, dan jadikan kebiasaan.
kenapa? sebab:



Menurut ane, tujuan utama dari reality check adalah menjadikannya kebiasaan, kemudian berekspektasi bahwa kebiasaan itu kebawa mimpi. dengan hanya terlintas pemikiran dalam mimpi kalimat "ini mimpi bukan yah?" saja udah bisa berpeluang membawa kita ke lucid dream lewat WILD. (bertanya kepada diri sendiri "ini mimpi bukan yah?" merupakan salah satu reality check)



Reality check merupakan proses yang jenisnya lebih ke habitual. Jadi kebiasaan, terekam oleh otak, dan itu bisa terbawa ketika kita sedang bermimpi. Hanya dengan sering memikirkan tentang "ini mimpi atau bukan" bisa membawa kita ke LD. itu alasan kenapa orang yang sudah tau tentang lucid dream, kemungkinan mendapat lucid dreamnya lebih besar, meskipun dia tidak mempraktekan WBTB,WILD,CILD,dll
Jika kita sering memikirkan tentang mimpi, otak kita akan lebih peka terhadap mimpi.



Nah balik ke judul, kapan sih REM itu? REM itu sebenarnya terjadi hampir diseluruh waktu tidur gan , tapi kosentrasi penyebarannya agak gak rata
Nih, pada tidur 8 jam, REM pertamax itu terjadi setelah 70-90 menit ketika kita tidur, dan itu hanya terjadi selama 5-10 menit setelah itu balik ke siklus lagi (NONREM), nah sekarang, bandingkan dengan yg satu ini: setelah kita 6-7 jam tidur, REM bisa berlangsung selama 45-60 menitsetelah itu balik ke siklus menjelang bangun(NONREM).....



Setelah kita pahami siklus itu, manfaat apa sih yg bisa kita ambil
Manfaatnya ialah kita tahu kapan kita bermimpi.



Tuh gan, kita bisa liat bahwa pada jam-jam sebelum kita bangun, REM kita berlangsung lama
Tapi sialnya, antara REM dengan saat kita bangun kita masi ngelewatin satu fase dimana gak ada REM, inilah yg seringkali buat kita lupa sama mimpi kita.



Untuk mengakali masalah ini, kita butuh alarm. Hmm, katakanlah anda bangun biasa jam 5, nah sekarang anda buat biar agan bisa bangun jam setengah 4 atau jam 4. Nah ketika bangun jam segitu, setelah agan berusaha mengingat+mencatat mimpi anda, anda kemudian pergi tidur lagi (inilah yg disebut dengan WBTB).



Dan apabila ketika pergi tidur lagi itu agan sambil berusaha memvisualisasikan bahwa di mimpi berikutnya anda akan sadar, ini disebut dengan teknik MILD.



Lucid Dream Indonesia



Share this Post :

0 komentar:

Jangan Lupa Ya Gan Tinggalkan Komentar Disini jangan lupa Dengan kata kata yang sopan bukan berarti harus mencela celakan... Kita sesama Blogger, kita sesama manusia dan kita juga harus menghargai... Jangan Berkomentar yang memasukan Berbau Porno Grafi