Latest News :

****Tips Menyiasati Pelajaran*****

Posted by at Sunday, June 10, 2012

Jadi anak sekolah zaman sekarang PUSING… Pelajaran bejibun tugas bertumpuk, bikin belajar jadi gak fokus. Sebenarnya, setiap pelajaran punya ‘karakter’ sendiri2. Cobalah Teman memahami ini dulu sebelum menentukan bagaimana cara belajar yang sesuai.

1. Matematika
Inti dari penguasaan Matematika adalah latihan soal. Matematika adalah pelajaran yang menuntut penyelesaian masalah secara logis dan runtut—yang sayangnya tidak bisa dihafalkan. Satu-satunya cara untuk menguasainya adalah dengan membiasakan diri mengerjakan metode2 penyelesaiannya. Jika terbiasa, tanpa sadar kita akan ‘paham2 sendiri’.

2. Fisika
Untuk memahami pelajaran ini dibutuhkan pemahaman konsep dan latihan soal. Jika keduanya sudah dikuasai, sebetulnya Teman tidak perlu takut dengan deretan rumus. Menghafal rumus tanpa memahami konsep bisa2 berakibat keliru menafsirkan soal. Lagipula, itu hanya akan membuat kemampuan Fisika Teman ‘pincang’. Kalaupun bisa mengerjakan soal, Teman tidak tahu bagaimana penerapannya di kehidupan nyata.

3. Kimia
Gabungan pemahaman konsep, hafalan, dan latihan soal. Kimia sebenarnya pelajaran yang menyenangkan^^. Kalau boleh dimampatkan, inti materi Kimia bisa jadi hanya satu: Tabel Periodik Unsur. Selama Teman hafal urutannya, paham sifat2nya, dan tahu penggunaannya, dijamin belajar Kimia akan lebih mudah. Jika menyangkut Stoikiometri dan sejenisnya, perbanyak juga latihan soal.

4. Biologi
Banyak yang mengidentikkan Biologi dengan hafalan, tapi untuk menghafal materi yang ‘sakgedhabreg’ itu memang sulit luar biasa. Agar lebih mudah, Teman bisa membuat peta konsep. Membaca uraian di buku teks kadang2 bikin ngantuk… Lebih baik Teman ringkas dulu materinya, buat skema garis besar, baru tambahkan detil2nya. Dengan begini materi lebih terstruktur sehingga mudah dihafal.

5. Ekonomi
Materi yang agak sulit biasanya berhubungan dengan kurva. Cara terbaik untuk memahami adalah dengan memperhatikan penjelasan guru. Metode mengingat secara visual rasanya lebih cocok untuk memahami kurva. Selain itu, pengetahuan akan perkembangan ekonomi faktual juga sangat membantu menguasai pelajaran.

6. Sosiologi, PKn
Pelajaran menghafal sejati. Agar lebih mudah, hafalkan materi di LKS dulu sebelum membaca buku teks. Pengetahuan tentang berita sosial politik terkini di surat kabar akan sangat membantu.

7. Geografi
Porsi hafalan cukup banyak, tapi sebenarnya Geografi juga ada kaitan dengan materi IPA, terutama Fisika. Memahami konsep juga diperlukan di sini.

8. Sejarah
Belajar Sejarah sejatinya seperti mendengarkan dongeng. Daripada merasa berat karena harus menghafalkan banyak hal, lebih baik pahami dulu latar belakang dan kronologi peristiwa sejarah. Kaitkan satu peristiwa dengan peristiwa lain. Tidak sedikit peristiwa sejarah yang sampai sekarang masih meninggalkan misteri. Untuk Teman yang hobi jadi ‘detektif’, hal ini bisa djadikan pemacu semangat belajar.

9. Bahasa Inggris
Momok terbesarnya memang grammar. Sebenarnya kalau Teman2 terbiasa membaca teks bahasa Inggris, menentukan grammar yang tepat tidaklah sulit. Tanpa sadar lama2 akan timbul ‘sense’ sendiri dalam diri Teman untuk menyusun struktur kalimat secara benar. Untuk menambah vocab, selain sering2 membaca, perbanyak nonton film berbahasa Inggris. Untuk latihan listening, dengarkan musik Barat sambil membaca lirik plus terjemahannya.

10. Bahasa Indonesia
Hmm…apa yah tipsnya^^ Yang penting sering2 baca koran untuk memperkaya kosakata dan membedakan antara kata baku dengan yang bukan…

11. TI
Sering2 praktik dan coba2 komputer sendiri…

12. Agama
Ibadah yang rajin…^^

Share this Post :

0 komentar:

Jangan Lupa Ya Gan Tinggalkan Komentar Disini jangan lupa Dengan kata kata yang sopan bukan berarti harus mencela celakan... Kita sesama Blogger, kita sesama manusia dan kita juga harus menghargai... Jangan Berkomentar yang memasukan Berbau Porno Grafi